MATA HATI

deru suara hati

AKU RAPOPO……


X : Aku kudu piye tuips ?

Y : AKU RAPOPO ……

Kalimat diatas merupakan singkatan dari bahasa Jawa “aku ora opo opo” yang artinya ” saya tidak apa apa ” atau mungkin dalam bahasa Indonesia lebih tepat berarti “aku baik baik saja”. Kalimat ini biasanya diucapkan ketika seseorang mendapatkan suatu masalah , tertimpa musibah atau mengalami peristiwa yang mengecewakan namun ia mencoba tetap tabah dan kuat.

Entah bagaimana tiba tiba saja kalimat ini menjadi terkenal dan ngetop kemudian diucapkan orang dimana mana dalam berbagai kesempatan. Setelah ditelusuri ternyata berasal dari media sosial untuk menegaskan kondisi seseorang  yang menegaskan bahwa ” aku baik baik saja kok !” . Kalimat tersebut kemudian ramai menjadi update status di facebook,twitter  dan berbagai media sosial lainnya. Terutama di kalangan ABG atau anak muda ketika cintanya ditolak kemudian langsung pasang status tersebut. 

Bahkan seringkali kalimat itu menjadi ilustrasi dari foto dan gambar yang lucu dan otomatis bikan kita tertawa serta senyum senyum sendiri , berikut contoh gambar gambarnya yang saya unggah dari mbah Google :

 

Image      Image

Image   Image

 

Dan kemudian dimasa kampanye kalimat ini turut diucapkan oleh orang paling tersohor sejagat Indonesia saat ini. Yang berita tentang pencalonannya membuat IHSG di bursa saham meroket positif dan kurs rupiah terhadap dolar langsung menguat , siapa dia ? Semua sudah tahu jawabannya dialah JOKOWI Gubernur DKI dan capres dari Partai PDI Perjuangan . Ketika ia diterpa berbagai isu miring dan kampanye gelap dengan logat Jawanya yang kental ia menjawab “aku rapopo !”

Saat ini masa kampanye secara resmi telah berakhir terhitung sejak tanggal 5 April kemarin , ibarat perlombaam maraton maka saat ini seluruh pelari akan segera memasuki lap atau tikungan terakhir . Pilihannya tinggal mengumpulkan semangat dan tenaga terakhir untuk berlari sekencang kencangnya dengan menyalip di tikungan atau sprint menjelang garis finish.

Setelah melewati garis finish maka segala jerih payah kampanye,blusukan,silaturahmi,rapat akbar,menguras tabungan ,dangdutan dan lain lain akan terjawab. Itulah momen pembuktian dari deklarasi damai di masa awal kampanye dengan slogan ,”siap kalah dan siap menang”. Apakah para caleg tersebut akan mampu untuk bersikap jantan dan sportif dalam menerima kekalahan ?

Kekalahan itu sering menyesakkan dada , apalagi kalau kekalahan tersebut dengan selisih perolehan suara yang kecil alias hanya satu digit. Walaupun “hampir menang” tetap saja dalam kenyataannya adalah “kalah”. Apakah para caleg yang hebat hebat itu siap menerima realita kekalahannya ? Karena kondisi riil bangsa kita  saat ini hanyalah siap untuk menang , bukannya untuk kalah !

Kalau yang terjadi , marah marah , tidak terima , mengerakkan massa untuk bertindak destruktif seperti menyerang rumah caleg satu daerah pemilihan yang menang atau merusak gedung KPU maka sudah barang tentu hal tersebut menjadi kerawanan dan bikin pusing Pak Polisi.

Bagi saya kalimat itu akan menjadi lebih populer dan ngetop lagi ketika penetapan hasil pemungutan suara diumumkan secara resmi oleh KPU nanti menjadi suatu pilihan sikap .  Menjadi lebih bermakna ketika para caleg yang kalah nantinya mampu berlapang dada , tersenyum lebar dan bersikap gentelman dengan serentak mengatakan   AKU RAPOPO….” untuk selanjutnya memberi ucapan selamat bagi pihak yang menang.

Mudah mudahan ini bukan sekedar mimpi di siang bolong , agar tugas Pak Polisi menjadi lebih mudah dan ringan……..

 

Negara,   April 2014

ditulis sambil keringetan karena AC ruangan ngadat ………

 

06/04/2014 - Posted by | Bebas

1 Comment »

  1. Asal sumbangan dan sebagainya Ngak diminta kembali ya pak…😉 salam

    Comment by budi arnaya | 14/04/2014 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: