MATA HATI

deru suara hati

SUKARNO BICARA ” LAKSANA 40 TAHUN”


Pada tahun 1949 setelah penyerahan kedaulatan kembali kemerdekaan RI Sukarno akhirnya kembali ke Jakarta. Ia disambut oleh lautan manusia yang rindu padanya dan seakan tak sabar mendengar dan melihat sosok pemimpin yang begitu mereka cintai . Pada kesempatan tersebut dalam pidatonya yang berapi api dihadapan piluhan ribu penduduk Jakarta bertempat di halaman Istana Merdeka kata kata yang pertama yang keluar dari mulutnya justru adalah , ” Diam……diam….diam…..” , untuk menenangkan  suara ribuan manusia yang mengelu elukan namanmya.

Selanjutnya ia berkata , ” Saudara saudara sekalian , 4 tahun saya berpisah dari saudara saudara sekalian, empat kali tiga ratus enam puluh lima hari tapi rasanya seperti 40 tahun saya berpisah dari saudara daudara sekalian penduduk Jakarta yang sontak dibalas dengan tepuk tangan dan riuh rendah suara seluruh masyarakat yang hadir …….”. Sungguh suatu kata kata balasan yang sempurna pula untuk menunjukkan bahwa iapun merasakan hal yang sama dengan penduduk Jakarta setelah ia harus terusir dari Jakarta dan harus berpindah pindah tempat pengasingan pada masa revolusi mempertahankan kemerdekaan pada periode 1945 – 1949.

Bicara tentang Presiden RI maka tidak akan mungkin lepas bila tidak membicarakan Sukarno sang proklamator kemerdekaan Indonesia. Dengan kemampuan pidatonya yang luar biasa mampu membangkitkan semangat untuk menggerakkan seluruh rakyat Indonesia secara serentak ;  bahu membahu berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan yang telah begitu lama kita impikan. Sukarno sang proklamator , sang orator dan agitator ulung yang mungkin sulit ditandingi oleh presiden setelahnya.

Saat ini kita tengah memasuki tahapan kampanye pemilu hingga tanggal 9 April nanti seluruh penduduk yang telah memiliki hak pilih akan mendatangi TPS yang telah tersedia untuk memberikan suaranya dalam menentukan para wakilnya di DPR . Dan selanjutnya sekali lagi kita masih harus melakukan pemungutan suara untuk memilih presiden yang akan memimpin bangsa untuk periode lima tahun kedepan.

Masih adakah sosok Presiden yang memiliki kemampuan seperti Sukrno , yang mampu membangkitkan, membakar  semangat , jiwa dan tekad bangsa ini untuk bahu membahu dan bersatu padu menghalau segala rintangan demi meraih kemerdekaan yang begitu diimpikan sejak ratusan tahun lamanya.

Jaman memang sudah berubah, musim juga sudah berganti ,maka tidak mungkin membandingkan era Sukarno dengan saat sekarang ini , tapi setidaknya menurut hemat saya yang kita perlukan adalah Pemimpin yang mampu melakukan hal yang sama seperti Sukarno dulu dalam menggerakkan seluruh rakyat Indonesia tapi tentunya dengan musuh yang berbeda.

Musuh kita sekarang adalah korupsi yang melilit dan bergelung seperti benang kusut yang tidak tentu ujung pangkalnya , musuh kita sekarang adalah hasrat yang bukan untuk memenuhi kebutuhan tapi hasrat yang didorong oleh keserakahan, musuh kita sekarang adalah kemiskinan dan ketidakadilan yang membelunggu sedemikian lama, oleh karena itu seluruh masyarakat sungguh mendambakan sejak dulu untuk bisa lepas dari semuanya.

Kita semua sudah bosan dengan janji , dan sekarang kita semua perlu bukti…

Marilah kita sama sama berdoa semoga siapapun yang nanti kelak terpilih adalah seorang pemimpin yang benar benar pro rakyat ,dicintai rakyat dan memang benar benar diinginkan oleh rakyat . Sehingga segala kebijakan dan tindakannya akan seiring sejalan hanya semata mata untuk satu tujuan yaitu kemakmuran seluruh rakyat Indonesia………sungguh kita semua merindukan hal tersebut menjadi kenyataan.

 

Negara , penghujung Maret 2014

Ditulis di Jembrana buat siapa saja yang mau membacanya…..

 

 

 

29/03/2014 - Posted by | Bebas

2 Comments »

  1. Ijin membaca dan komentar komandan .

    Comment by Fanpage Polres Jembrana | 05/04/2014 | Reply

  2. Terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar , mohon masukannya ya.

    Comment by harry | 07/04/2014 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: