MATA HATI

deru suara hati

SEJARAH APA YANG TERCATAT BUKAN YANG TERJADI


Bicara tentang sejarah maka kenangan saya langsung menerawang ke masa lalu, suatu masa ketika saya masih duduk di bangku sekolah dasar dan terpesona oleh sebuah buku bersampul coklat dengan judul ” SEJARAH INDONESIA “.

Setidaknya hal itulah yang masih melekat kuat dalam ingatan saya dengan baik, masa dimana saya begitu terpesona dengan isi dari buku tersebut. Buku pelajaran sejarah milik seorang paman saya yang ikut tinggal di rumah kami di Jambi. Kisah kisah tentang sejarah peradaban  dunia , dimulai dari beberapa peradaban tertua di dunia yaitu di Mesopotamia/Mesir , Cina dan Romawi.

Lalu maju lagi selangkah ke sejarah Indonesia dimulai dari asal usul nenek moyang bangsa kita yang berasal dari Yunan , Kerajaan Nasionalis Indonesia yaitu Sriwijaya dan Majapahit, sejarah masuknya Islam di Indonesia , dll

Sungguh saya terpesona dengan isi buku tersebut , pikiran saya berkelana jauh…sangat jauh, menembus ruang dan waktu hingga ke masa silam. Dalam benak saya terbayang hebatnya manusia manusia yang hidup ribuan tahun di masa lalu , mereka dikatakan hidup di jaman sebelum masehi tapi mampu membangun piramid yang masih berdiri dengan megah hingga detik ini . Bangunan segitiga raksasa yang bahkan dengan teknologi masa kini sekalipun sangat sulit untuk dibangun kembali.

Sejak saat itu saya langsung jatuh cinta dengan yang namanya sejarah bahkan hingga saat ini, ditambah lagi saat duduk di bangku SMA saya bertemu dengan seorang guru sejarah yang bernama Pak Mulyono salah seorang penyusun buku babon sejarah Indonesia yang dicetak dalam delapan edisi dengan judul  “SEJARAH NASIONAL INDONESIA” .

Keterpesonaan terhadap sejarah makin menjadi , fungsi sejarah sebagai sarana untuk mengungkap masa lalu benar benar dapat saya rasakan. Beragam peristiwa di masa silam yang menjadi misteri seakan menjadi terang benderang ketika sejarah mampu mengungkapnya dengan jelas; lahirnya peradaban, lahirnya suatu bangsa, keberlangsungan sebuah dinasti, kepemempinan seorang raja, masa keemasan suatu bangsa ,dll.

Mau tau lebih jelas tentang apa itu sejarah, begini penjelasan yang saya kutip dari sebuah blog Sejarah Interaktif :

Sejarah adalah ilmu tentang manusia. Objek kajian sejarah adalah manusia. Bukan hewan,tumbuhan,atau alam semesta beserta isinya

 
Sejarah biasanya didefinisikan sebagai suatu studi tentang masa lampau. Hal ini penting bagi sejarahwan adalah yakinkan bahwa apa saja yg ditulisnya benar dan mereka tidak memberikan opininya ada juga yg mengatakan bahwa sejarah merupakan studi tentang sebab dan akibat.
 
Arti kata sejarah berdasarkan asal usul katanya
 
Kata sejarah berasal dari bahasa arab,yaitu syajaratun.kata syajaratun mengandung arti ‘pohon’. Makna kata pohon pada masa lalu biasanya selalu dihubung-hubungkan dengan keturunan. Atau asal usul keluarga raja.
 
Dalam kasidah bahasa Indonesia. Sejarah setidaknya mengandung tiga pengertian.dan cerita pelajaran tentang kejadian,atau peristiwa yang benar-benar terjadi di masa lampau.
 
Dalam kamus indonesia-inggris , kata ‘sejarah’ diterjemahkan sebagai history, kata history mengandung beberapa arti yaitu :
 
Pertama,hystory merupakan kumpulan peristiwa masa lalu.
Kedua, history merupakan rangkaian peristiwa yg terjadi berturut-turut dari masa lalu sampai masa sekarang,bahkan sampai masa depan.
 
Ketiga, history merupakan suatu catatan atau deskripsi naratif dan peristiwa- peristiwa masa lalu yang berkaitan dengan manusia. Keempat history merupakan disiplin ilmu yang mencatat dan menginterpretasikan peristiwa-peristiwa masa lalu ygyg berkaitan dengan manusia.
 
Anda mau tercatat dalam sejarah , maka berbuat ,berusaha,bertingkah lakulah dengan sebaik baiknya agar bermanfaat bagi orang banyak selama anda hidup maka sejarah akan mencatat dengan sendirinya nama anda dalam torehan tinta emas sebagai manusia  yang hidup berguna bagi sesama bahkan hingga anda sudah mati ribuan tahun nama anda tetap harum.
 
 

07/01/2014 - Posted by | AKU & TENTANG DIRIKU

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: