MATA HATI

deru suara hati

PERJALANAN HATI


Setelah sekian lama terselip, tertumpuk dan terlupakan selama hampir setengah tahun sejak saya beli akhirnya datanglah waktu yang tepat untuk menyaksikan sekaligus dua buah film dokumenter by National Geographic secara berurutan. Dua buah judul yang menurut saya sering kontradiktif tentang agama Islam dan Katolik namun tidak demikian kali ini , karena dibahas secara terpisah dan murni tentang bagaimana ritual Haji dan bagaimana keadaan Vatikan. Kedua film tersebut berjudul INSIDE THE VATICAN & INSIDE MECCA.

INSIDE THE VATICAN

ImageSungguh merupakan suatu hal yang menarik bagi kita untuk dapat  mengetahui beberapa hal tentang Vatikan baik sebagai negara berdaulat terkecil dan berada di dalam negara Italia maupun Vatikan sebagai tempat tinggal Paus yang merupakan pemimpin spritual tertinggi umat Katolik. Perjalanan sejarah Vatikan yang panjang menunjukkan bagaimana kuatnya pengaruh Vatikan pada masa masa lampau , tidak hanya mengatur masalah keagamaan saja tapi gereja mempunyai pengaruh yang begitu kuat pada kerajaan kerajaan besar di Eropa di abad pertengahan termasuk mengatur masalah perjodohan diantara raja dan ratunya.

Kita dapat menyaksikan bagaimana perjalanan 3 orang calon pastur hingga inagurasinya ,bagaimana megahnya bangunan di Vatikan dari sisi arsitektur, banyaknya dokumen dokumen kuno yang mereka miliki dan banyak diantaranya masih dirahasiakan isinya hingga beragam karya seni baik yang terlukis , terpahat maupun terpajang di berbagai tempat seantero Vatikan.

Bahkan disebutkan oleh sang narator bila anda diberikan waktu selama satu menit untuk mengamati dan menikmati sebuah karya seni maka akan diperlukan waktu selama 12 tahun penuh untuk melihat seluruh koleksi seni yang dimiliki Vatikan……amazing…… Vatikan tidak memiliki tentara tapi mereka memiliki pasukan pengawal khusus yang dinamakan Swiss Guard yang dilatih khusus di Swiss dan mempunyai kontrak selam 2 tahun untuk mengabdi.

Dapat pula kita saksikan kendaraan kendaraan resmi yang digunakan Paus dalam berbagai kunjungannya , yang paling menarik bagi saya ternyata salah satu kendaraan yang pernah digunakan adalah Toyota Land Cruiser Hardtop…….my fav car of all time. Turut diceritakan pula bagaimana proses yang harus diikuti untuk mentahbiskan seseorang agar dapat menjadi Santo dengan berbagai sarat yang ketat dimana semua proses tersebut ternyata dikepalai oleh seorang Pastur yang bertanggung jawab penuh dan mengepalai sebuah departemen khusus.

INSIDE THE MECCA

ImageFilm ini menceritakan tentang 3 orang yang berasal dari daerah , negara , suku bangsa, latar belakang dan ras yang berbeda. Seorang pria hitam dari Afrika selatan yang sehari harinya berprofesi sebagai penyiar Radio bernama Abdul , seorang pengusaha sukses dari malaysia bernama Muhammad dan seorang wanita Amerika bergelar Doktor neurologi yang merupakan dosen di sebuah Universitas bernama Fidelma. Ketiganya berkumpul dan datang kesuatu tempat memenuhi panggilan paling mulia di muka bumi , sebuah panggilan yang tidak semua umat Islam mendapatkan kehormatan untuk mendapatkannya . Sebuah panggilan yang hanya bisa terlaksana sekali dalam setahun yaitu pada bulan ke 12 dalam kalender islam, bulan Zulhijjah yang artinya menunaikan haji.

Haji merupakan salah satu pilar dalam rukun islam , demikian hebat dan agungnya haji sehingga dalam salah satu hadis sebagaimana diriwayatkan Hilal bin Abdullah, hamba merdeka Rabi’ah bin ‘Amru ibni Muslim al-Bahiliu satu hadith, menceritakan hadis kepadanya oleh Abu Ishak al-Hamdiyu hadith daripada Harith, hadith daripada Ali (r.a) berkata: ‘Telah bersabda Rasulallah (s.a.w) bahwa , ” bagi orang islam yang mampu namun tidak berhaji maka ia mati dalam keadaan kafir”

Perjalanan haji dilaksanakan di kota Mekah Arab Saudi dimana pada puncak ibadah Haji diperkirakan  sekitar 2 juta umat muslim akan berkumpul menjadi satu , Masjidil Haram akan dipenuhi oleh lautan manusia yang semuanya datang dengan menggunakan pakaina yang sama , tidak mengenal usia, bangsa,warna kulit dan kelamin. Semua datang dengan menyerukan kata yang sama Labbaik….Allahumma Labbaik…( Ya Allah kami datang memenuhi panggilanmu ) , panggilan yang dikumandangkan oleh Allah kepada seluruh umat manusia ,dimana diriwayatkan bahwa panggilan tersebut dimulai pada masa Nabi Ibrahim dan akan terus berlangsung hingga akhir jaman nanti. Bila seseorang dipanggil sebanyak tiga kali maka ia akan menunaikan haji sebanyak tiga kali , demikian juga seterusnya.

Ibadah haji merupakan sebuah ujian kesabaran bagi siapa saja yang menjalaninya , Abdullah yang berusaha membuktikan bahwa semua manusia terlahir sama tanpa perbedaan warna kulit mendapatkan jawaban bahwa memang semua manusia terlahir sama dan haji menyatukan semuanya. Muhammad sang pengusaha sukses merasakan saat saat dimana ia bukan dirinya yang dulu dan merasakan saat saat ia begitu dekat dengan Allah sang maha pencipta.

Sementara Fidelma yang memeluk Islam sejak dibangku kuliah mengikuti kegundahan hatinya untuk mencari Tuhan serasa menemukan jawaban yang selama ini ia cari. Linangan air mata saat pertama kali melihat Kabah , betapa banyaknya kemudahan yang ia dapatkan ditengah beragam kesulitan selama berhaji. Sungguh haji merupakan ujian kesabaran yang luar biasa , warna kulit yang berbeda dan kebangsaannya yang Amerika selalu menimbulkan banyak pertanyan yang tidak kunjung habis dan selalu ia jawab dengan senyuman dan perkataan ,  ” Yes , I am a Moslem ” dan ketika si penanya mengucapkan Alhamdulillah maka secara spontanpun ia mengucapkan Alhamdulillah disertai dengan rasa lega di dalam hati yang tak terkira.

Menyaksikan film ini membuat bulu kuduk saya merinding dan terbayang kembali beratnya perjalanan haji dan umroh , hati bergetar dan mata ini basah ……..ya Allah kurindu panggilan Mu……” labbaik Allahuma labbaik, panjangkan umurku ya Allah ” , ijinkan aku memenuhi panggilanmu sekali lagi………….

15/12/2013 - Posted by | Keseharian, Renungan

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: