MATA HATI

deru suara hati

Cukup Saat menerima dan Kurang Saat Memberi


Merasa cukup ketika kita mendapatkan sesuatu dan merasa kurang ketika kita memberi sesuatu. Adalah hal yang sangat sulit kita terapkan dalam keseharian. Yang jamak terjadi justru sebaliknya , ketika mendapat sesuatu maka yang pertama terlontar dari mulut kita adalah , “Kok cuma segini ya?” . Dan ketika harus berbagi dan memberi maka kita dihinggapi rasa pelit yang teramat sangat. Beribu alasan dan sanggahan akan menari nari dengan indah di dalam hati, ” Ah, kebanyakan tuh…Dia kan juga sudah punya!”. Atau hati akan berkata , “Nggak perlu banyak banyak , kan kamu juga masih butuh !”.

Sungguh tidak mudah mencoba untuk selalu merasa kurang saat memberi dan cukup saat menerima. Apakah masih kurang pelajaran hidup mengajarkan kita tentang hal tersebut…entahlah sampai kapan kita akan sadar. Oleh karena itu sudah sepatutnya kita mengikuti keteladanan Nabi untuk selalu bersyukur, dengan bersyukur maka segalanya akan terasa nikmat. Nikmat akan dunia yang begitu indah, nikmat masih diberi kesehatan, nikmat diberikan anak dan istri yang membahagiakan, nikmat masih diberikan tempat berteduh dan bekerja. Serta yang teramat penting penting adalah nikmat untuk masih diberi kesempatan hidup di bumi ini.

Saya, atau mungkin kebanyakan orang selalu menakar nikmat dengan materi atau kebendaan. Sementara kebahagiaan tidap pernah bisa diukur dengan kedua hal tersebut. Bukan kah begitu banyak orang orang yang super kaya tetapi merasa tidak bahagia dan kesepian. Tidak bahagia karena selalu was was memikirkan hartanya yang begitu banyak, kesepian karena yang datang menghampiri hanya karena memerlukan kekayaannya , bukan pribadinya. Kebahagiaan ada pada segumpal daging yang dinamakan hati, dekat dan dapat dirasa tapi begitu jauh dan sulit untuk menggapainya.

Hidup cuma sekali , mari kita buat itu menjadi berarti.

Pematang Siantar, akhir April 2010

29/04/2010 - Posted by | Renungan

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: