MATA HATI

deru suara hati

SUSNO DUADJI : MAU DIBAWA KEMANA ?


Tulisan in hanyalah sebuah pendapat pribadi tanpa maksud menyinggung siapapun dan sekedar ungkapan suara hati kami.

Apa ada yang pernah tahu dengan lagu grup band ARMADA yang sekarang lagi wara wiri di Dhasyat atau Inbox yang ditayangkan tiap pagi di televisi, ini reff lagunya :

Mau dibawa kemana hubungan kita
Jika kau terus menunda-nunda
Dan tak pernah menyatakan cinta
Mau dibawa kemana hubungan kita
Ku tak akan terus jalani
Tanpa ada ikatan pasti
Antara kau dan aku

Walaupun hanyalah seorang newbie alias new comer di dunia kepolisian sudah barang tentu hati ini juga ikut miris melihat berita yang lagi hangat hangatnya dibahas di stasiun televisi.Yaitu tentang Komjen Susno yang mengungkapkan adanya mafia di tubuh Polri terkait dengan penanganan kasus penggelapan pajak oleh Gayus Tambunan senilai sekitar 24 Milyar. Dan lembaran sebanyak itu uang semua lho…. bukan kertas monopoli.

Dengan jumlah yang setara maka uang tersebut dapat digunakan untuk menghidupi Polresta Binjai selama setahun penuh plus membayar gaji anggota yang jumlahnya 791 orang. Atau kalau mau bisa digunakan untuk membeli mobil patroli Ford double cabin sebanyak 24 unit dan cukup untuk diberikan kepada hampir semua Polres yang ada di Polda Sumatera Utara ( dengan catatan jumlah uangnya benar 24 M ).

Terus terang saya tidak tahu harus ngomong apa , semua yang diungkapkan adalah bobrok dan kudis yang ada di tubuh kami sendiri. Yang menjadi pertaruhan adalah institusi tempat kami berkarier sejak lulus pendidikan hingga nanti pensiun. Dan predikat sebagai pensiunan Polri akan tetap melekat hingga menutup mata.

Sisi positif dari drama ini tentunya akan lebih membuat Polri menjadi lebih baik lagi, transparansi yang selalu didengung dengungkan bukan lagi hanya sekedar jargon, tapi sudah menjadi suatu keharusan nyang tidak bisa ditawar. Sisi negatifnya bila ternyata kondisi ini dimanfaatkan oleh pihak pihak tertentu yang mengambil kesempatan dalam kesempitan dan pada akhirnya akan merugikan Polri sendiri.

Dalam posisi saat ini dimana gulungan benang tersebut masih kusut nggak karu karuan, saya yakin bila di pooling maka dipastikan tingkat kepercayaan masyarakat pada polri akan sampai ke titik nadir. Padahal saat ini Polri tengah memasuki tahap akhir dari GRAN STRATEGY tahap pertama yaitu TRUST BUILDING, bukankah ini sungguh sangat kontraproduktif.

Suka atau tidak suka harus diakui bahwa diri kita saat ini adalah hasil didikan dan belaian kasih sayang Polri yang menjadi Ibu Kandung kita dalam mengarungi pengabdian pada masyarakat. Katakan kebenaran walau itu memang pahit, tapi haruskah lumpur di tubuh ibu kita sendiri mesti dibersihkan dengan bantuan orang lain?

Perseteruan ini seperti pusaran arus yang terus berputar tanpa henti dan tidak tahu akan berakhir dimana. Yang pasti pusaran ini sudah membuat batu batu di pinggir sungai runtuh, buih buihnya seperti deterjen yang mencuci baju, pusarannya menarik semua yang ada disekitarnya ke tengah, entahlah akan bagaimana lagi? Saya senantiasa berdoa semoga prahara ini segera berlalu dan tentunya akan membawa kebaikan pada semua pihak terlebih lagi institusi POLRI yang kami cintai.

Pada akhirnya , MAU DIBAWA KEMANA HUBUNGAN KITA , ANTARA KOMJEN SUSNO DAN POLRI ?

Harry Haryadi

Yang resah dan gelisah menanti akhir drama ini.

29/03/2010 - Posted by | Bebas

2 Comments »

  1. ijin bang bergabung di blognya.sekarang saya mengikuti jejak abang sebagai pengasuh dulu saya taruna yang diasuh oleh abang angkatan 2002 sukses selalu bang

    Comment by a55i | 29/03/2010 | Reply

  2. Mantap , selamat melatih para calon generasi muda Polri. Senangnya lihat loe sdh berhasil seperti sekarang, tetap semangat dan berusaha yg terbaik.

    Ada yang bilang, ” Memang baik menjadi orang penting, tetapi lebih penting lagi menjadi orang baik”

    Gw yakin loe pasti sukses nantinya, salam hormat keluarga.

    Comment by harry | 30/03/2010 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: