MATA HATI

deru suara hati

Ulang Tahun


Pada hari Minggu kemarin tepatnya tanggal 24 Januari aku merayakan ulang tahun ke 35 …….. makin tua dan makin berkurang masa berkelana sebagai kafilah di muka bumi.Namun kali ini berbeda dari tahun tahun sebelumnya, karena besok hari Minggu maka aku bisa tidur di rumah dan  seperti biasa ritualnya adalah nonton TV sampai tiba akhirnya TV yang gantian nonton aku dan istri.

Sekira pukul 06 pagi aku dikagetkan dengan teriakan ,” HOOOOYYYYYY” ditelingaku , spontan aku kaget dan langsung duduk di tempat tidur. Baru saja mau marah marah ternyata berdiri di hadapanku dua matahari kebanggan kami Firman dan Rizqi yang tertawa tawa gembira serta istri tercinta yang membawa kue ulang tahun dengan lilin bertulisakan angka 35 tahun  menyala dengan indahnya .

Ternyata Rizqy yang berteriak di telingaku dan dengan tatapan polos bocah berumur 5 tahun dia berkata , ” Papa bangunlah Pa! Ayo kita tiup lilinnya , Rizqy kan sudah lapar mau makan kuenya “. Dan kemudian bersama sama kami meniup lilin tersebut dan menyanyikan lagi Selamat Ulang Tahun kemudian saling berbagi peluk dan cium hangat.

Bertambahnya usia membuatku berpikir tentang apa saja yang telah ku lakukan selama 35 tahun berkelana di muka bumi ini, apa saja yang sudah kucapai, apa saja yang sudah kulakukan untuk orang tuaku , segala macam pikiran menari nari di benakku, beberapa hal yang kurasakan di hari yang spesial ini :

1. Bersyukur

Tiada yang lebih pantas selain mengucapkan puji syukur kehadirat ALLAH SWT  atas segala karunia nikmat yang telah diberikan sepanjang hidupku. Secara jujur saya harus berkata bahwa ,” Saya termasuk orang yang beruntung “. Diberikannya keluarga yang selalu memberikan kebahagiaan dan keceriaan, penghibur di kala susah dan tempat berbagi kesenangan. Diberikannya aku pekerjaan dan jabatan yang baik untuk menafkahi keluarga dengan layak , dianugrahi dua matahari yang senantiasa menyinari rumah tangga kami tiada henti bahkan awal bulan depan Insya Allah sang bulan juga akan datang menerangi malam kami di rumah. Ya , ALLAH jadikanlah kami umatmu yang senantiasa bersyukur dan pandai mengucapkannya , kami yakin akan janjimu,” Barang siapa yang bersyukur , maka akan kutambah nikmat mu!”.

2. Merenung

Bertambahnya usia , seperti yang kusampaikan diatas berati makin pendek pula masa hidup di dunia. Sebagai umat beragama yang beriman pada hari akhir , benakku berkata apakah kebaikan dan perbuatan bermanfaat yang telah kulakukan lebih banyak daripada dosa dan kesalahan yang kuperbuat.  Aku menyadari bahwa aku jauh dari sempurna dan teramat banyak kesalahan yang kulakukan, semoga momentum ini dapat kumanfaatkan dengan sebaik baiknya untuk menatap ke depan yang lebih berarti lagi.

3. Berencana

Rencana kedepan sudah harus kupikirkan baik baik lagi dari sekarang. Sudah saatnya aku membuat rencana jangka pendek dan jangka panjang dalam menata karier dan keluarga sehingga keduanya bisa berjalan seimbang. Harapanku peningkatan karier juga akan menambah kesejahteraan dan kebahagiaan keluarga. Beberapa orang mungkin mengatakan ,” Biarkan  saja hidup mengalir seperti air” , aku tidak mengingkarinya , bukankah lebih baik lagi bila kita rencanakan dengan sebaik baiknya,bukankah perencanaan yang baik akan menghasilkan akhir yang baik pula.

4. Berbuat

Semua perencanaaan yang dibuat dengan baik bahkan mendekati sempurna bila itu TIDAK DILAKUKAN hanya akan melahirkan kesia siaan semata . Hal itu menandakan aku harus berbuat untuk mewujudkan semua rencanaku agar terealisasi, caranya dengan bekerja lebih giat lagi, berdoa lebih khusuk lagi, bersyukur lebih banyak lagi dan terakhir minta restu dari orang tua dan memohon pada Allah agar semua yang kita lakukan tidak sia sia , bukankah semua akan berjalan atas kehendaknya. Tidak ada sehelai daunpun yang jatuh ke muka bumi tanpa sepengatahuan dan ijinnya.

5.  Hidup sehat.

Aku ingin semua mimpi dan harapanku terwujud, memiliki karir yang bagus, menyaksikan anakku tumbuh besar bahkan samapi menimang cucu , aku ingin menyaksikan istriku hidup senang, aku ingin membahagiakan kedua orang tua dan mertua lebih baik lagi, dan lain sebagainya. Itu semua tidak akan bisa terwujud bila kita tidak diberikan kesehatan , makanya perbanyak olah raga, istirahat, memilih menu makanan secar bijak dan perbanyak senyum agar wajah manjadi bersinar dan hati menjadi tentram.

35 tahun bukanlah waktu yang singkat juga bukanlah usia yang cukup panjang, dengan mengucap Bismillah tengadahkan tangan dan kepala  doa keharibannya , semoga semua doa akan dikabulkan , semoga semua pinta akan diberikan, semoga semua kesulitan dijauhkan, semoga semua pintu dibukakan , dan semoga aku dan keluargaku menjadi umat NYA yang lebih baik lagi.

Binjai, 25 Januari 2009

25/01/2010 - Posted by | Keluarga

1 Comment »

  1. Dirgahayu pak,
    moga berkah di sisa usia🙂

    Comment by zidni | 05/02/2010 | Reply


Leave a Reply

