MATA HATI

deru suara hati

Hidup yang Lebih Baik


Pada mulanya aku dan istri ingin datang berdua ke acara tujuh bulanan istri salah seorang adik kelasku Donny yang diadakan di Griya Dome Medan, tapi berhubung istri juga sedang hamil besar dan juga akan segera nujuh bulanan maka cuma sayalah yang datang ke acara tersebut. Karena mertua dari Donny pernah menjadi atasanku acara tersebut berlangsung cukup meriah dan dihadiri oleh banyak rekan, yunior bahkan beberapa orang senior juga terlihat datang.

Usai bersalaman dengan tuan rumah aku duduk di sebelah teman seangkatanku Insan, komentar pertama dari Insan adalah, ” Har kalo melihat mukamu yang gosong begitu gua yakin kalo sekarang permaianan golf lo pasti tambah maju !”. Dan kemudian kujawab,” Lumayanlah ada kemajuan sedikit, tapi kok Lu sekarang gak pernah main lagi Can ? ”

Dan Insan mengatakan bahwa ia mau main golf tapi tanpa uang alias tanpa taruhan . Perlu saya jelaskan sedikit bahwa dalam golf sangat umum bahwa di setiap hole yang terdiri dari par 3,4 dan 5 bagi pemain yang mampu melakukan par dihargai dengan sejumlah uang sesuai dengan kesepakatan yang telah disetujui antara pemain ( angka menandakan bahwa dengan 3,4 atau 5 pukulan maka seorang pemain wajib memasukkan bola kedalam lubang ). Sudah hal yang umum di lapangan golf ada ungkapan bahwa permainan akan hambar bila tidak ada sejumlah uang yang diperebutkan , semua pemain akan mengatakan “itu bukan judi, tapi mengharagai kemampuan pemain yang hebat ”

Sebelumnya bisa dikatakan bahwa hampir tiap minggu kami akan bermain bersama dalam satu pairing , namun beberapa bulan belakangan ini Insan tidak pernah lagi terlihat di lapangan. entah karena berbagai kesibukan atau karena hal lain . Dan hari minggu kemarin semuanya terjawab ketika sobatku menjelaskan ,” Har sejak Ayah ayah meninggal gua mulai mikir mikir , sekarang ini kita sudah 35 tahun dan selama itu kebaikan apa saja yang telah kita lakukan, dalam satu hari kalau kita hitung bila sholat itu 5 waktu dan tiap tiap sholat lamanya 5 menit maka hanya 25 menitlah dalam satu hari yang khusus kita gunakan untuk beribadah pada ALLAH dan sisanya? Bukankah lebih baik kalau dari sekarang kita sudah mulai berpikir untuk mengurangi perbuatan yang buruk dan dilarang serta lebih mendekatkan diri pada ALLAH !”

Terus terang jawaban Insan membuatku sedikit tersentak dan tidak menyangka bahwa sobatku telah mempunyai suatu pengalaman batin yang demikina hebat dan membawa dirinya ke arah yang lebih baik dan positif.Saya langsung teringat dengan diri sendiri, bagaimana sholatku selama ini, sudah benar atau belum, bagaimana hubunganku dengan orang tua yang alhamdulillah saat ini masih hidup serta hal hal lainnya , sungguh suatu pertemuan yang sangat sangat bermakna, mungkin ini salah satu jalan Allah untuk mengingatkan umatnya.

Sepanjang jalan pulang ucapan sobatku terus terngiang ngiang di kepalaku, membuatku mereview ulang seluruh perjalanan hidupku, dosa dosaku , kekuranganku dan hal lainnya Sekligus menumbuhkan tekad bahwa aku harus bisa lebih baik lagi , saat muda justru adalah saat yang terbaik untuk mengawali semuanya bukan ketika sudah renta dan bau tanah baru teringat akan dosa dan kesalahan , semoga saja aku selalu ditunjukkan jalan yang lurus oleh NYA.

Alhamdulillah Selasa tanggal 7 Desember kemarin usia kandungan istriku tepat berusia tujuh bulan saya panjatkan doa kepada ALLAH semoga nanti anakku lahir dalam keadaan sehat waalfiat tanpa kurang suatu apapun demikian juga dengan istriku , semoga ia menjadi anak yang solehah dan berbakti pada kedua ibu bapaknya, amin ya rabbal alamin…..

08/12/2009 - Posted by | Renungan

3 Comments »

  1. Nasihat yang mengena pak

    Comment by zidni | 06/01/2010 | Reply

  2. Terimaksih atas komentarnya Zidni ( Mbak /Mas ? )

    Comment by harry | 07/01/2010 | Reply

  3. Mas pak🙂
    lebih banyak cerita soal polisi dan humanity aja pak. Seru bacanya

    Comment by zidni | 14/01/2010 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: