MATA HATI

deru suara hati

Negeri 5 Menara


5 menara Buku ini saya baca secara maraton sejak hari Minggu siang dan tepat tengah malam tadi berhasil saya selesaikan walau mata sudah berat sekali namun jalinan cerita yang disajikan memaksa saya terus membaca hingga halaman terakhir . Alasan utama saya membeli buku ini adalah karena Novel ini best seller dan dalam tempo 2 bulan sudah naik cetak ditambah lagi dengan adanya komentar dari berbagai tokoh ternama yang merekomendasikan untuk membaca buku ini , plus latar belakang kehidupan di pesantren yang memancing keingintahuan saya tentang kehidupan disana.

Kata kata man jadda wajada benar benar merasuk dihati dan menurut saya adalah ruh dari keseluruhan isi buku Negeri 5 Menara.  “Man jadda wajada siapa yang bersungguh sungguh pasti berhasil” ,benar benar kata sakti yang selalu terngiang ngiang terus di telinga dan muncul di benakku , memberikan pemahaman pada diri bahwa hanya kesungguhan dalam melakukan sesuatu yang akan membuahkan hasil yang diinginkan.

TN ku Beberapa bab setelah membaca buku ini membawaku kepada kenangan masa lalu tentang perjalanan hidup yang telah terlewati. Mile stone hidup saya berawal dari merantau ke Magelang untuk menempuh SMA di SMA TN sedangkan tokoh utama dalam buku ini Alif bernagkat ke Ponorogo untuk masuk Pesantren di Pondok Madani. Aku berasal dari Jambi sedangkan Alif dari Sumatera Barat , ia sekolah di Jawa Timur sedangkan aku ke Jawa Tengah dengan latar belakang tempat pendidikan berasrama dengan pola pengasuhan 24 jam serta terletak di lahan yang sama sama seluas 14 hektar dengan siswa yang semuanya laki laki dan berasal dari seluruh pelosok Indonesia.

Melihat A.Fuadi sang pengarang mengisahkan suka duka masa sekolahnya mau tidak mau membuatku juga terkenang akan peristiwa sejak Bapak menanyakan minatku untuk sekolah jauh dari kampung halaman, p[erjalanan berangkat ke tempat yang belum pernah kudatangi sama sekali,mengikuti tes masuk,bersekolah hingga akhirnya lulus dan melanjutkan pendidikan di AKPOL Semarang.

Cuma yang membedakan adalah aku tidak mempunyai teman akrab seperti Alif dan 5 temannya yang selalu bersama sama dalam setiap kegiatan, benar bahwa aku mempunya beberapa teman akrab namun tidak selalu terlihat bareng. Aku teringat saat saat makan siang , saat saat diumumkan oleh piket di ruang makan siapa saja yang mendapat surat atau ketika hari Minggu datang dan pengeras suara berbunyi bertalu talu mengumumkan panggilan kepada siswa yang beruntung mendapatkan kunjungan tamu……..nasib kita sama Uda Alif…sama sama tidak pernah dapat tamu .

Aku juga bermimpi bahwa suatu saat aku harus berangkat ke luar negeri menuntut ilmu melihat bagaimana kehidupan serta keindahan alamnya , sesuatu yang benar benar hanya sekedar angan dan kemudian menjadi kenyataan sesungguhnya. Allah memang maha pengasih dan penyayang kepada hambanya, hal yang tidak pernah kuragukan sedikitpun kebenarannya . Sudah 16 tahun berlalu sejak aku menamtkan SMA namun kenangan dan memori yang terjadi disana tidak akan pernah lepas dari hati dan ingatan,sepanjang hayat masih dikandung badan akan selalu terpatri sebagai salah satu masa masa yang paling indah dalam hidupku.

Mantra  Man jadda wajada saat ini kuperlukan dengan amat sangat untuk memotivasi diri dalam menghadapi tes masuk SESPIM yang akan dimulai akhir bulan ini , aku sadar tanpa kesungguhan,kerja keras dan sifat pantang menyerah maka keberhasilan hanyalah angan angan semu , mimpi ….bagaikan pungguk merindukan bulan. Ya Allah beri aku kekuatan dan rahmatmu untuk melalui semua ini , dengan ridhomu ku yakin untuk melangkah, ikhlaskan hati ini untuk tabah mengahdapi berbagai cobaan yang kn datang menghadang.

03/11/2009 - Posted by | Buku

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: