MATA HATI

deru suara hati

LEBARAN : Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H


Lebaran 3

Kepada seluruh rekan rekan perkenankanlah saya dan keluarga mengucapkan Selamat Harai raya Idul Fitri 1430 H, mohon maaf lahir dan bathin semoga amal ibadah kita diterima di sisi ALLAH dan kembali fitrah.

Lebaran sungguh merupakan moment yang tidak terlepaskan dari ibadah puas itu sendiri. Bahkan Allha mengharamkan berpuasa di tanggal 1 Syawal tersebut.Lebaran adalah kemenangan, namun pertanyaan saya kemenangan tersebut milik siapa. Apakah bila kita melaksanakan puas sebulan penuh tanpa batal kemudian kita sudah termasuk dalam kelompok pemenang?

Tunggu dulu sobat , banyak ulama yang mengeluarkan pendapat tentang hal ini dan sebagaian besar mengatakan bahwa PEMENANG di tangal 1 syawal adalah mereka yang meleksanakan puasa beserta amalan amalan lain sesuai dengan syariat dan semata mata mengharapkan ridho ALLAH.

ALLAH sendiri yang mengatakan, bila manusai berbuat baik maka itu adalah untuk dirinya sendiri, namun ketika manusia berpuas di bulan Ramadhan maka itu adalah untuk AKU “. Otomatis ini menjadi hal tersulit untuk menyatkan bahwa sesorang adalah PEMENANGNYA. Karena yang menilai ibadah puasa adalah ALLAH sendiri dan kita tidak bisa secara tiba tiba berkata,” Saya sudah benar dan saya pasti mendapatkan pahala”.

Oleh karena itu para ulama hanya dapat mengatakan bahwa PEMENANG akan terlihat dari tingkah lakunya setelah Ramadhan. Jika ia menjadi manusia yang lebih baik dan lebih soleh maka ialah PEMENANG SEJATI  dari pertempuran besar melawan hawa nafsu selama sebulan penuh. Bila ternyata kita ternyata begitu gitu aja dan bahkan lebih buruk maka silahkan anda menilai sendiri.

Bagi saya pribadi kemenangan yang hakiki dari Ramadhan adalah hal yang saya cari. Saya ingin menjadi manusia baru dari sekarang, apakah saya termasuk yang demikian……….. penilaian dan pendapat orang lainlah yang dapat membuktikan semua itu. Saya hanya dapat berdoa dan berbuat ssesuai tuntunan NYA.

Semoga saja saya termasuk golongan orang yang bersedih dengan berakhirnya Ramadhan , semoga dipajangkan umurku agar sampai ke Ramadhan yang akan datang, ALLAHUAKBAR………..

22/09/2009 - Posted by | Keseharian

No comments yet.

Leave a Reply

