MATA HATI

deru suara hati

Operasi Ketupat


Lantas 2Polisi….kalau anda menjadi seorang Anggota Polri pasti tidak akan asing dengan kegiatan yang dinamakan Operasi Ketupat . Sejak saya menjadi Polisi 13 tahun yang lalau dan berpuluh puluh tahun sebelumnya kalimat Operasi ketupat ini sudah ada. Operasi ini adalah merupakan suatu operasi terpusat kewilayahan yang berarti dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia namun pelaksanaan sepenuhnya dilakukan oleh Satuan kewilayahan.

Tujua  utama dari Operasi ini adalah untuk memperlancar arus lalu lintas dan mengamankan masyarakat yang akan mudik. Bicara tentang mudik  saya ingin sedikit memberikan informasi tentang arti kata mudik menurut KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia ) yaitu :

Mudik 1 berlayar, pergi) ke udik (hulu sungai, pedalaman): dr Palembang — sampai ke Sakayu; 2 cak pulang ke kampung halaman: seminggu menjelang Lebaran sudah banyak orang yg –;
— menyongsong arus, hilir menyongsong pasang, pb tt usaha yg mendapat rintangan dr kiri dan kanan namun diteruskan juga; belum tentu hilir — nya, pb belum tentu keputusan atau kesudahan suatu hal atau perkara; kokoh, baik dl soal yg kecil-kecil maupun dl soal yg besar-besar; ke — tentu hulunya, ke hilir tentu muaranya, pb suatu maksud atau niat hendaklah tentu wujud atau tujuannya.

Agar lebih gampang kita bisa artikan mudik adalah kegiatan pulang ke kampung halaman dalam rang ke merayakan Lebaran. Pengalaman saya pernah berdinas di Jawa selama lebih dari 5 tahun maka dapat dikatakan bahwa kegiatan mudik di Jawa benar benar menjadi suatu kegiatan ritual yang harus dilakukan , bila tidak maka akan mengurangi makna dari Lebaran. Seminggu sebelum dan sesudah Lebaran maka jalur Pantura ( Pantai Utara Jawa ) , jalur selatan ataupun jalur jalur alternatif lain akan dipadati berbagai jenis kendaraan yang lonjakannya mencapai 5 kali lipat kondisi normal.Jadi kalau Polisi tidak punya persiapan matang,apalgi kegiatan ini berulang tiap tahun maka dijamin kelancaran arus mudik bakalan jauh lebih parah.

Hal yang umumnya dilakukan dalam menggelar Operasi Ketupat ini adalah :

  1. Menggelar Operasi Pekat ( penyakit masyarakat ) dengan sasaran judi,narkoba,prostitusi,minuman keras dan kejahatan jalanan  untuk menciptakan kondisi yang kondusif menjelang digelarnya Ops Ketupat.
  2. Melaksanakan kegiatan Pra Ops Ketupat, berupa penyiapan administrasi operasi berupa Rencana Operasi,Buku Petunjuk Operasi dan memberikan pelatihan bagi personil yang terlibat dalam operasi ini.
  3. Pelaksanaan operasi berupa mendirikan POSPAM ( Pos Pengamanan ) di titik titik yang diangap rawan macet,sentra ekonomi dan rawan kecelakaan lalu lintas.
  4. Penempatan personil pada POSPAM yang diawali dengan  Gelar Pasukan untuk pemeriksaan terakhir kesiapan personil dan perlaatan pendukung.
  5. Supervisi saat Operasi berlangsung untuk mengecek pelaksanaan dan memberikan evaluasi.
  6. Operasi selesai dan dilanjutkan dengan pembuatan laporan.
  7. Wasrik ( Pengawasan dan pemeriksaan ) Inspektorat Pengawasan Daerah Polda Sumut utk mengecek segala hal yang berkaitan dengan pelaksanaan operasi.

Walaupun kegiatan ini tergelar setiap tahun, namun selalu menjadi perhatian pimpinan dalam pelaksanaannya terutama bagi Polres yang berada di Pantura. Untuk daerah lain seperti Sumatra,Kalimantan,Silawesi dan Papua yang jalur taransportasi daratnya belum seperti di Pulau Jawa tentu saja kondisi kemacetan yang parah bahkan total jarang sekali terjadi. Sehingga bisa dikatakan utk Polda Polda di daerah tersebut Operasi ini bersifat imbangan namun tetap dilaksanakan karena sifat operasinya yang terpusat kewilayahan.

Bagi rekan rekan yang bertugas di Jawa kami ucapkan selamat bertugas, sedangkan bagi rekan rekan yang beruntung bisa mudik dan berkumpul untuk berlebaran dengan keluarga dan handai taulan kami ucapkan ,” Mohon maaf lahir dan batin, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H “.

Untuk rekan rekan sesama profesi saya ingin berpesan, jangan  mimpi deh bisa santai santai tapi terima ini sebagai suatu pengabdian dan ibadah. Semoga kita semua kembali fitrah.

17/09/2009 - Posted by | Kedinasan

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: