MATA HATI

deru suara hati

Melawat Ke Belanda


IMG_0248

Di akhir tahun 2007 saya mendapat kesempatan belajar ke Belanda selama 1 bulan tepatnya di kota Apeldoorn, sebuah kota kecil yang berjarak kurang lebih 2 jam perjalanan dari Amsterdam yang merupakan kota dimana Akademi Kepolisian serta berbagai fasilitas pelatihan Kepolisiaan Kerajaan Belanda berada. Sebuah kota kecil yang tenang , nyaman, bersih dan udaranya segar sekali.

Selama mengikuti kursus singkat tentang Human Trafficking tersebut saat saat weekend adalah hal yang paling kami tunggu tunggu. Kontingen kami berjumlah 9 orang yang datang dari berbagai Polda di seluruh Indonesia dan ada beberapa diantaranya pernah ke Belanda untuk mengikuti pendidikan selama 6 bulan tapi itu hampir 10 tahun yang lalu. tapi ajaibnya beberapa instruktur kami ternyata masih mengenal bang Asep yang dulu pernah sekolah tersebut, mau tahu komentar para dosen tersebut ? Kata mereka, ” Mr Asep you are looking more handsome if you are fat like this !”. Ketahuan kan kalo dulu kurus dan dekil ha….ha…..ha…..

Copy of IMG_0181

Alhamdulillah pada kesempatan itu ada banyak tempat yang sempat kami kunjungi mulai dari Paris,Roma,Berlin dan Barcelona. Sungguh merupakan pengalaman yang mungkin sulit untuk terulang kembali. Dalam setiap lawatan ke berbagai tempat tersebut saya biasanya bergabung dengan senior saya Bang Auliansyah Lubis,Rizal Irawan dan Aris . Kebetulan bang Auliansah adalah penggemar pernak pernik Harley Davidson juga saya, dengan demikian kesempatan tersebut tidak pernah kami si siakan untuk mengunjungi HD store di setiap kota yang kami singgahi dalam lawatan tersebut.

IMG_0345

Pada suatu senja di Apeldoorn saya, Bang Auli dan bang Rizal sedang berjalan di Centrum ( sebutan untuk pusat kota bagi  orang Belanda ) . Sebagai informasi suatu kebiasaan yang berlaku di Belanda adalah bahwa toko hanya akan buka sampai jam 18.00 kecuali hari Rabu dan Sabtu yang tutup sampai jam 21.00.

Saat itu sudah bulan November yang jelas sudah masuk musim dingin di belahan bumi barat ,maka lengkap dengan glove, baju monyet  di bagian dalam baju luar , jaket tebal dan zebo kami mulai jalan jalan setelah di drop oleh guide kami Mr Kor dengan Van d suatu halte.Sehabis berjalan jalan keliling Centrum sambil sight seeing tiba tiba Bang Auliansyah terpikir untuk mencari HD store dan segera ide tersebut kami sambut dengan semangat 45.

IMG_0169

Mulailah kami menjelajah berbagai sudut Centrum utk mencari informasi, hingga akhirnya tibalah kami di suatu persimpangan dan tiba tiba melintaslah di depan kami seorang warga lokal berbadan tinggi besar dengan pasangannya seorang wanita. Ketika mereka telah mendahului kami beberapa langkah tampaklah oleh kami bahwa sang cowok memakai jaket kulit dgn logo HD di bagian punggungnya.

Langsung saja kami bergegas menghampirinya dan berniat menanyakan siap tahu beliaumengerti dimana letak HD Store di kota Apeldoorn. Dengan bahasa Inggris yang berlepotan dan patah patah mulailah  kami mencoba bertanya. Dan sang gadis yang ternyata berdarah Ambon langsung berkomentar, ” You must be from Indonesia, cause I know it from the smell of kretek from your smoke”. Alangkah senangnya hati kami mendengar komentar tersebut karena lebih mudah bagi kami untuk mencari bahan percakapan selanjutnya.

apeldoorn

Ketika kami sedang berusaha bertanya pada sang cowok dengan harapan dia mengerti Indonis English kami tiba tiba sang cowok yang tampangnya asli londo banget tiba tiba ngomong begini, ” Let,s make it short….. cause you from Indonesia opo sampeyan iso omong Jowo!!!!!!!!”. Gubrak rasanya kami mau pingsan denger doi ngomong Jawa…..dan ternyata doi orang Suriname …ha…….ha……ha……….

Setiap mengingat pengalaman itu kami selalu tertawa terbahak bahak dan malu sendiri karena udah bersusah payah mencoba ngomong Inggris ternyata ketemu Londo Jowo. Tapi minimal pertemuan itu tidak sia sia karena kami akhirnya bisa menemukan HD Store dan kami bisa membeli baju kaos yang masih saya simpan sampai sekarang.

05/08/2009 - Posted by | Bebas

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: