MATA HATI

deru suara hati

Manusia Kreatif



Holding the Sun

Picasso,Sigmund Freud,Einstain,Bill Gates semuanya adalah orang jenius dan mereka semua punya satu kesamaan, ” Daya kreativitas yang mampu membuat mereka melakukan hal hal yang sebelumnya tidak dilakukan manusia”.

Kreativitas , menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ) : kre·a·ti·vi·tas /kréativitas/ n 1 kemampuan untuk mencipta; daya cipta; 2 perihal berkreasi; kekreatifan. Terlihat jelas dari pengertian diatas bahwa kreativitas adalah sebuah kata benda yang abstrak yang lahir dari buah pikir seorang manusia untuk membuat atau melakukan sesuatu yang bersifat baru atau penyempurnaan dari yang sudah ada sebelumnya.

Saya masih ingat ketika saya mendaftar ke SMA Taruna Nusantara 22 tahun yang lalu dalam brosur pendaftaran yang saya baca bahwa tes yang harus diikuti oleh seorang calon siswa yang diadakan oleh Ajendam Kodam sama persis dengn item – item tes yang dilaksanakan oleh seorang Calon Taruna AKABRI hanya passing grade nya saja yang diturunkan , dan yang membedakan adalah untuk seorang calon siswa SMA TN diharuskan mengikuti tes yang dinamakan Tes Kreativitas dengan nilali kelulusan minimal 75.

Hal ini menunjukkan bahwa para pendiri sekolah saat itu sudah sangat menyadari bahwa kreativitas merupakan sutu faktor yang penting untuk mendukung keberhasilan seseorang dalam melaksanakan tugas dan juga dapat menjadi faktor pembeda yang akan mendorongnya menuju suatu kesuksesan. Dari pengalaman saya bisa memastikan ketika diadakan suatu seleksi untuk menduduki jabatan Manager Pemasaran dan kemudian didapatkan 5 kandidat terakhir dengan kemampuan yang sama, namun salah seorang mempunyai kreativitas yang lebih dibandingkan 4 calon lain  maka tidaklah mengherankan bila kemudian sang Mr Kreatif yang akan terpilih.

Kreativitas akan membuat sang manajer  selalu berusaha mencari terobosan dan hal hal yang baru untuk menyiasati pasar dan menyesuaikannya dengan permintaan pasar untuk membuat nilai jual produk yang dimilikinya lebih tinggi dan kompetitif yang pada akhirnya akan berakhir pada suatu keuntungan.

Kembali berbicara tentang para tokoh terkenal yang namanya disebut dalam paragraf pertama tulisan ini bahwa jenius saja belum cukup, karena mereka juga dituntut kreatif sehingga menjadi tokoh yang terkemuka dan memimpin pada bidangnya masing masing. Berpikir kreatif yang merupakan pengejawantahan dari kreativitas akan menuntut seseorang untuk selalu bisa berkreasi dalam menghadapi setiap permasalahan yang muncul.

Dalam pola pikir mereka masalah adalah suatu tantangan menarik yang harus dicarikan jalan keluarnya dengan cara penyelesaian yang ampuh, ingat bukan hanya sekedar good ending , tapi akan menjadi ultimate solution. Para tokoh tersebut memandang masalah sebagai suatu yang memacu hormon adrenalin  untuk memeras otak dan menguji tingkat kreativitas mereka untuk memunculkan suatu kreasi yang baru. Sungguh bertolak belakang dengan pola pikir para  pecundang yang bahkan menganggap setiap kesempatan adalah masalah.

Bagaimana agar menjadi kreatif,berikut ada beberapa tips yang dapat saya sampaikan  untuk kita simak bersama :

1. Meniru sikap orang-orang  kreatif

Mengambil contoh dari orang orang disekitar anda atau tokoh yang anda anggap kreatif adalah suatu hal yang dapat memotivasi diri dan membangkitkan semangat untuk menjadi kreatif, karena tokoh idola kita bisa tentunya kita juga ingin menirunya.

2. Berpikirlah ‘Apalagi yang mungkin?’

Orang yang kreatif akan selalu berpikir tentang apa  lagi yang mungkin dapat dilakukannya terhadap sesuatu disekelilingnya atau pekerjaannya agar menjadi lebih mudah dan membuahkan hasil yang maksimal. Bila dalam satu jam ia bisa meningkatkan produktivitas pekerjaannya menjadi lebih baik ia akan selalu berpikir lagi untuk meningkatkannya menjadi 2 kali lebih baik.

3. Timbulkan kebiasaan berpikir tentang hal yang baru.

Saat anda  bepergian, membaca, menggunakan radio/TV, dan makan selalu mencoba untuk memikirkan tentang hal hal yang baru yang sekiranya akan dapat membantu  atau memudahkan anda dalam melakukan suatu pekerjaan atau menghemat waktu.

4. Berani mencoba dan pantang menyerah.

Pernahakah anda mendengar peribahasa yang mengatakan, ” Kita tidak akan pernah dikatakan  gagal kalau tidak berani mencoba“. Orang orang kreatif biasanya berani mencoba dalam bereksperimen untuk mewujudkan idenya, kegagalan akan dianggap sebagai suatu langkah maju untuk menuju keberhasilan yang ingin diraih, jadi teruslah mencoba dan jangan menyerah.

5. Menuangkannya dalam bentuk tulisan dan perbuatan.

Ketika ide ide kreatif muncul dalam benak anda segeralah menuangkannya dalam bentuk tulisan, apakah di hp anda, buku kerja taupun PDA yang anda miliki. Jangan biarkan ia hilang begitu saja dan yang paling penting adalah mewujudkan ide tersebut menjadi kenyataan agar kita tidak disebut  PEMIMPI.

Selamat mencoba , terutama saya ingin mengajak diri  sendiri untuk menjadi orang yang kreatif.


28/07/2009 - Posted by | Bebas

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: