MATA HATI

deru suara hati

Kebanggaan dan Keharuan


Aceh TsunamiBeberapa hari yang lalu tepatnya Rabu malam sambil berbaring dan mengelus ngelus perut istriku yang sedang hamil saya menonton siaran ulang di TV One yang menayangkan wawancara dengan Mantan Kadensus 88 Brigjen (Purn) Suryadharma Salim. Dengan gaya bicaranya yang berapi api beliau menceritakan berbagai pengalamannya selama menjadi komandan Detasemen 88 yang tersohor serta menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan oleh panelis dan penonton di studio.

Kalau boleh mengatakan sunggguh saya berbangga hati mempunyai seorang senior yang demikian hebat. Saya dapat menyaksikan bagaimana para pemirsa kelihatan terpesona bahkan mungkin terbengong bengong dan terpukau dengan berbagai fakta dan kisah yang mungkin tidak pernah terungkap secara terbuka kepada khalayak ramai. Bahkan saya yang juga seorang Polisi harus jujur mengatakan bahwa ada banyak hal  merupakan informasi baru bagi saya seputar pengungkapan berbagai kasus teror di Indonesia.

Saya banyak mendengar dari rekan saya yang tergabung dalam satuan elit Polri ini tentang bagaimana mereka melaksanakan tugas, harus meninggalkan keluarga berbulan bulan , mempertaruhkan  nyawa sendiri serta anak buah yang dipimpinnya, melakukan pekerjaan pengintaian yang membosankan dan memakan waktu berbulan bulan, seringkali menyerempet bahaya , kalau berhasil tidak pernah terekspos namun bila gagal dicaci dan dianggap tidak bekerja.

Saya benar benar tidak akan lupa ketika beliau dengan berapi api mengatakan, ” Darah saya adalah Polri sampai kapanpun saya akan memperjuangkannya “.

Ada beberapa hal yang bisa saya petik dari wawancara tersebut,al :

  1. Kecintaan seorang Polisi pada profesinya, sungguh menggugah nurani dan semangat saya serta membangkitkan kebanggaan menjadi seorang abdi negara.
  2. Profesionalisme seorang Polisi beserta keuletan dan kegigihan dalam menjalankan tugas dengan segala resikonya.
  3. Semangat pengabdian yang tidak pernah putus dari seorang purnawirawan.
  4. Pentingnya keimanan serta ketakwaan kepada Allah sebagai fondasi utama dalam setiap pelaksanaan tugas.

Dan tadi malam saya kembali menyaksikan Talkshow Kick Andy di Metro TV tentang aksi heroik beberapa anak bangsa dalam berbagai peristiwa. Apalagi kemudian dikisahkan aksi penyelamatan seorang Bintara Polri Briptu Syarifuddin  yang bertugas di Polres Mamassa. Ia yang baru pulang dari kantor dan menyaksikan kebakaran langsung menghentikan kendaraannya untuk membantu menolong korban bahkan kemudian juga menjadi korban karena tersengat listrik dan tertimpa bara api dari puing rumah yang terbakar hingga koma selam 11 hari.

Rekan rekan tahu apa yang disampaikan oleh Bintara tadi, ” Saya tidak berpikir tentang bahaya yang akan menimpa saya  ataupun memikirkan hal lainnya , yang terlintas adalah membantu menyelamatkan korban”. Bahkan sampai saat ini kepala beliau masih luka dan bernanah serta bagian pahanya masih mengalami luka bakar yang menimbulkan nyeri.

Ketika kemudian ditanyakan oleh host Bung Andy tentang apa harapan  yang beliau inginkan ia menjawab, ” Saya hanya berharap semoga Allah akan membalasnya dengan surga” . Jawaban yang membuat hati saya miris, takjub dan terus terang membuat saya terharu dan ingin  menangis sepenjang acara ini . Sungguh saya bangga bahwa seorang anggota Polri mempunyai hati yang demikian mulia.

Briptu tersebut secara khusus mendapatkan penghargaan dari Presiden RI dalam rangkaian acara ulang tahun Polri tanggal 1 Juli 2009  lalu. Suatu teladan yang patut kita tiru bersama untuk jangan pernah punya pamrih dalam melaksanakan tugas, lakukanlah dengan ikhlas  maka Allah akan memberikan ganjaran yang setimpal.

Ada satu benang merah yang saya petik baik dari wawancara dengan mantan Kadensus 88 atau juga bberapapahlawan yang ditampilkan dalam acara Kick Andy, yaitu mereka semua mempunyai tingkat keimanan serta ketakwaan yang tinggi kepada sang maha pencipta, sungguh merupakan suri tauladan yang layak untuk kita tiru dan ikuti.

Sobat, akupun juga ingin seperti mereka…………….

25/07/2009 - Posted by | Kedinasan

1 Comment »

  1. Menggugah semangat🙂
    nice post

    Comment by zidni | 06/01/2010 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: