MATA HATI

deru suara hati

Laju Waktu


waktuSadarkah kita bahwa waktu akan terus melaju tanpa henti, waktu tidak akan pernah menunggu tanpa peduli sehebat apapun daya upaya manusia untuk menghentikannya.Bahkan sejarah mencatat sepanjang peradaban umat bahwa belum pernah ada manusia yang menang ketika harus berlomba melwan lajunya waktu.

Pernahkah anda mendengar bahwa sesuatu yang tidak pernah bisa dibeli adalah waktu, sehingga kemudian lahirlah istilah “time is money”. Bukannya berarti bahwa waktu dapat terbeli malah sebaliknya bahwa waktu itu sangat berharga sehingga dikatakan waktu adalah uang.

Bicara mengenai uang maka ada lagi cerita menarik tentang uang yang saya dapatkan dari seorang teman. Pernahkah anda menghitung berapa banyak uang yang telah dihabiskan terhitung sejak tanggal 1 Juli lalu? Saya jamin anda tidak akan bisa menghitung dengan akurat hingga sen demi sen sejumlah uang yang telah anda gunakan.

Bayangkan itu baru dari tanggal 1 Juli yang lalu, bagaimana sebulan yang lalu,setahun yang lalu atau sepuluh tahun yang lalu? Teman saya ini hanya ingin membuktikan bahwa berapa banyak uangpun yang kita punya ternyata kita tidak pernah mengerti dengan baik kemana saja ia kita belanjakan, lalu apa berartinya uang tersebut bagi kita? Uang yang kita puja puja, yang kita dewakan dan kita habiskan waktu kita sepanjang hari mengejarnya dengan mengatasnamakan pekerjaan.

Kalau disebutkan bahwa gaji saya perbulan adalah sekitar 5 juta rupiah dan kemudaian saya menghitung secara kasar berapa banyak uang yang telah dihabiskan selama sebulan maka saya mendapatkan kenyataan bahwa nilai uang yang saya belanjakan ternyata bisa mencapai 2 kali lipat dari gaji saya.  Apakah anda tahu apa yang kemudian teman saya ini katakan? Ia berkata,” Har itu adalah bukti bahwa ALLAH SWT itu maha pemurah dan pengasih padamu, 5 juta lagi yang kamu bisa belanjakan itu adalah rejeki dari NYA”.

Dan ia menyebutkan itu baru segelintir dari nikmat ALLAH yang diberikan padamu dan pada umat manusia di seluruh muka bumi, niscaya kalau kamu menghinggakannya maka nikmat yang kita terima itu lebih banyak dari butiran pasir di pantai atau butiran air di lautan.Olah karena itu sungguh tidak pantas kalau kita tidak mau bersyukur atas segala nikmat yang hingga detik inipun masih kita rasakan, bersyukurlah maka nikmat itu akan terasa.

Kembali ke masalah waktu,pernahkah kita berpikir bagaimana kita menghabiskan waktu dalam sehari? Kita bisa betah ngobrol sepulang kerja di cafe berjam jam hingga lupa waktu tapi malas sekali melakukan sholat yang bila dikerjakan dengan baik hanya membutuhkan waktu sekitar sepuluh menit. Dan ini membuktikan kebenaran perkataan seorang sufi bahwa hal yang paling mudah ditinggalkan oleh umat adalah Sholat, kembali kita lupa untuk mengucapkan syukur pada NYA.

Telah saya jelaskan diatas bahwa waktu tidak akan pernah menunggu,hari akan berlalu dengan cepat dan tiba tiba anda terbangun dan berkata , “Wah, sudah hari Jumat dan besok sudah weekend!”.Yang penting adalah bukan bagaimana kita melewati hari demi hari tapi pernahkah kita berpikir sudahkah setiap hari yang kita lalui itu menjadi bermakna dan lebih bermakna dari hari ke hari?

Kenyataan diatas membuat saya makin berpikir di usia saya yang mencapai 34 tahun 6 bulan ini untuk lebih berusaha memaknai hidup saya lebih baik lagi. Bagaimana saya bekerja lebih giat lagi, meningkatkan ibadah dan keimana saya lebih khusuk lagi, selalu bersyukur atas segala nikmat dan yang lebih penting lagi agar hidup saya lebih berarti lagi buat  sesama, ayo kita mulai dari sekarang untuk lebih baik memanfaatkan waktu, bukan dengan melewatkannya berlalu begitu saja !

TODAY I LEARN – TOMORROW I’LL MAKE DIFFERENCE

15/07/2009 - Posted by | Renungan

No comments yet.

Leave a Reply

