MATA HATI

deru suara hati

L


L

Judul yang paling singkat dan pendek dari semua buku yang pernah saya baca. Novel karya KRISTY NELWAN ini diterbitkan pertama kali oleh PT Gramedia pada bulan September tahun 2008 dan sampai saat ini telah naik cetak sebanyak 2 kali. Secara singkat menceritakan tentang seorang gadis berusia 26 tahun yang bernama AVA TORINO ( gw seneng banget dengan namanya……keren abiezzz ) yang hobi bergonta ganti pacar karena ia pernah berjanji pada dirinya sendiri untuk mempunyai pacar sesuai dengan jumlah alfabet dari A sampai Z, dan tekadnya bahwa pacar terakhir yang berinisial L akan menjadi pilihan terakhir untuk kemudian menjadi pasangan jiwanya hingga akhir hayat. Ava mengibaratkan L sebagai Last Love sebagai bentuk kristalisasi dari pencariannya akan seorang lelaki idaman  namun dalam perjalanan ternyata menemukan sang dewa L tidaklah semudah yang ia sangka dan kira.

Sejak membuka lembaran pertama buku ini saya sudah kepincut dengan gaya penulisannya, mudah dicerna, menggunakan bahasa gaul khas anak muda serta alur cerita yang menurut saya ringan sehingga tidak membuat kita harus mengerutkan kening namun tetap membuat penasaran untuk terus membacanya hingga halaman terakhir.

Membaca buku ini memberi saya suatu pemahaman baru tentang arti cinta dan pernikahan sebagaimana tertulis dalam novel ini ketika Ibu dari AVA menasehatinya tentang konsep pernikahan , ” Menikah itu berat, seperti bernegosiasi setiap hari, semua negosiasi itu sangat amat mengganggu, kecil tapi intens, mengesalkan sekali……Dan satu satunya yang bisa bikin Papa dan Mama bertahan adalah karena kita sangat saling mencintai, sehingga pada waktu kesalpun kita masih mampu untuk mengingat begitu banyak sisi baik diluar sisi  mengesalkan yang dimiliki pasangan hidup kita dan bikin kita mau hidup sama dia.”

Kalimat diatas betul betul mengena dihati saya dan sejalan dengan pemikiran saya tentang bertoleransi dalam pernikahan. Bagi saya pernikahan adalah ibadah, menyatukan dua pribadi yang sangat berbeda kedalam satu ikatan dengan suatu komitemen bersama untuk mencari kebahagiaan dunia dan akhirat. Tidak mungkin merubah sesuatu yang sudah menjadi bawaan kita sejak lahir, yang ada hanyalah mengurangi dan merubah sedikit hingga akhirnya kita sampai pada suatu titik atau ambang batas dari perilaku kita dan pasangan kita yang sama sama dapat kita tolerir dan terima sebagai suatu penyesuaian dari sikap masing masing dalam bahtera rumah tangga yang kita arungi.

Pernikahan tidaklah cukup hanya cinta, tapi cintalah yang menjadi perekat dan tuntunan kita untuk selalu ingat dan sadar mengapa kita memilih dia sebagai pasangan seumur hidup baik dalam suka dan duka, sebagai penyeimbang dikala kita oleng dan menghadapi berbagai permasalahan, tempat bersandar kala lelah dan saat kesedihan begitu menyesakkan dada.

Sosok Ava Torino digambarkan sebagai seorang gadis yang cantik, pekerja keras ,berotak encer serta memiliki rasa kesetiakawanan yang sangat tinggi tapi juga punya kebiasaan buruk yaitu merokok. Dalam novel ini juga diceritakan bagaimana proses yang terjadi hingga Ava berhenti merokok, kurang lebih begini dialog antara Ava dan ibunya kala menasehati putri tercinta tentang rokok ,” Tuhan sudah begitu baik dengan memberikan wajah yang cantik dan tubuh yang bagus dan sehat padamu Ava, tapi kenapa malah kamu merusaknya dengan kebiasaan burukmu, merokok.” Kebetulan saya mempunya problem yang sama dengan benda yang namanya rokok, sempat menjadi pecandu berat hingga 2 – 3 bungkus sehari selama 6 tahun, berhenti total 5 tahunan, mulai coba coba merokok tapi cuma pas lagi hang out atau begadang karena pekerjaan, merokok cuma pas lagi main golf, berhenti lagi, setengah tahun belakangan ini mulai kenceng lagi merokok dan pertama kali sejak berhenti berkenalan lagi dengan rasa ketagihan nikotin dan akhirnya 2 bulan belakangan ini berhenti total dan bertekad untuk demikian seterusnya.

Ternyata bisa tuh kalo mau dan kalo memang niat, sebagai mantan perokok keinginan selalu akan datang terutama ketika kita berada ditengah tengah perokok. Tapi mengingat kesehatan sebagai hal yang paling penting serta hari tua akan lebih terjamin bila seandainya pola hidup sehat tersebut kita terapkan dari sejak dini…………..ayo siapa lagi yg mau ikutin jejak gw stop smoking , memang tidak mudah buktinya berulang kali gua jatuh bangun dengan mahluk kecil yang bernama rokok , semoga tidak terulang lagi selanjutnya.

Ada lagi kutipan dari buku ini yang juga sangat berti bagi saya yaitu , ”  Rumi seorang bilang,manusia yang terlalu merindukan masa lalu dan terlalu mengkhawatirkan hari esok sampai melupakan hari ini, adalah manusia yang tidak pantas mendapatkan sesuatu seberharga kehidupan, kamu masih hidup dan tunjukkan  kalau kamu pantas mendapatkannya. Jangan kau habiskan waktumu dengan percuma.”

Nasehat tadi mengingatkan saya untuk selalu konsentrasi dan fokus dengan apa yang tengah kita hadapi saat ini, mengingat hari esok penting , tapi itu baru akan terjadi nanti. Dengan melakukan segala sesuatunya dengan sebaik baiknya selain membuat hari ini berarti juga sekaligus kita menyiapkan buat hari esok dengan lebih baik.

Akhir cerita buku ini Ava tidak berhasil mendapatkan seorang pria yang berinisial L sebagai pendamping hidupnya namun ia mendapatkan suatu pengalaman hidup yang luar biasa dan tak ternilai tentang arti cinta serta makna kehidupan untuk menapak kehidupan selanjutnya.

Ayo…..buruan baca bukunya…..!


16/06/2009 - Posted by | Buku

1 Comment »

  1. saya sdh keluar masuk toko buku nyari2 novelnya ini, gak nemu2😦😦

    Comment by Anonymous | 08/06/2012 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: