MATA HATI

deru suara hati

PERKAP NO. 12 TAHUN 2009 TENTANG PENANGANAN PERKARA PIDANA DALAM LIMGKUNGAN KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA


Peraturan Kapolri ini membahas secara detil tentang bagaimana sebuah proses penyidikan berjalan yang bermula dari sebuah Laporan Polisi hingga  berakhir dengan penyerahan berkas,tersangka dan barang bukti kepada pihak Kejaksaan.

Banyak hal yang menarik yang bisa kita temui disini yang sepertinya banyak kita lupakan dan luput dari pengamatan, padahal seharusnya menjadi pedoman kita dalam melakukan penyidikan.

Tahukah anda bahwa sebenarnya Perkap ini telah mengatur bahwa sejak saat penerimaan Laporan Polisi di SPK seharusnya sudah ada petugas Reskrim yang wajib mendampingi petugas piket untuk memberikan nasehat dan bantuan awal yang berkaitan dengan pengaduan tersebut.

Atau , sudahkah kita melaksanakan pembuatan Surat Perintah Penunjukan Pengawas Penyidik untuk setiap kasus pidana yang ditangani oleh seorang penyidik.

Mengertikah kita bahwa Laporan Hasil Penyelidikan harus diserahkan paling lambat 2 hari setelah waktu penyelidikan berakhir dan dibuat dalam bentuk tertulis kepada atasannya.

Ternyata masih banyak lagi hal yang tidak kita ketahui dan bila kita lakukan dengan benar sesuai prosedur yang ada mudah mudahan keluhan dan komplain yang banyak kita dapatkan selama ini akan berkurang.

Sulit……, memang sulit , tapi bukankah jalan yang sulit tapi mulia akan membuahkan keberhasilan dan keagungan.

Semoga lampiran Perkap ini akan memperkaya khasanah pengetahuan kita tentang bagaimana melakukan penyidikan dan penyelidikan dengan benar dan lebih baik lagi.

Lembang , 24 Juli 2011

Perkap No. 12 Tahun 2009 tentang PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN PENANGANAN PERKARA PIDANA

About these ads

24/07/2011 - Posted by | Kedinasan

2 Comments »

  1. Perkap ini dibuat sebenarnya untuk melindungi anggota, karena jika setiap anggota melaksanakan proses penyidikan sesuai Perkap ini meskipun ada complain pasti anggota aman karena sudah melaksanakan langkah-langkah sesuai petunjuk…sayangnya belum adanya kesadaran dari anggota sendiri…seolah-olah Peraturan ini justru menambah beban kerja anggota….mari kita mulai kesadaran dari diri sendiri sebelum menyadarkan orang lain…Sukses

    Comment by Sondel | 26/10/2011 | Reply

  2. CUAKEEEP MEN, INEED IT

    Comment by m. sadid alwi | 02/10/2012 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,693 other followers

%d bloggers like this: