MATA HATI

deru suara hati

Musik Indonesia


Malam minggu lalu untuk mengisi akhir pekan saya dan istri dengan beberapa teman dekat menghabiskannya dengan hang out di The NEWS Cafe yg terletak di Jalan DR Mansyur. Dan kebetulan memang kami niatkan ketempat tersebut untuk menyaksikan konsernya Mulan Jameela. Dari informasi yang kami dapatkan bahwa Mulan akan tampil jam 10 malam walaupun di tiket tertera show dimulai dari jam 8 malam,oleh karena itu tepat jam 22.00 kami tiba disana dan segera duduk di meja yang telah kami pesan.

Ketika kami masuk ternyata masih banyak meja yang kosong dan diatas panggung yang berbentuk huruf T dengan panggung utama tempat peralatan Band diletakkan berukuran sekitar 9 X 4 yang menyesuaikan dengan luas ruangan cafe tersebut. Cafe berlantai dua tersebut lambat laun mulai ramai dengan rata rata pengunjung berusia muda karena memang berlokasi di dekat kampus USU Medan.Kurang lebih 15 menit setelah kami duduk terdengar hentakan keras dan diatas panggung bermunculan 6 orang gadis yang melakukan peragaan busana dengan lenggak lenggok yang memancing siulan dan teriakan pengunjung terutama yang cowok.

Sekitar pikul 23.00 diatas panggung tampillah Band pembuka dengan riasan ala The RIff dengan hiasan alis mata warna hitam yang dilebihkan di ujung mata bagian luar sehingga sepintas terlihat mata mereka sedikit menyeramkan. Mereka terdiri dari 2 orang vokalis perempuan dan leading vocalnya seorang cowok berambut gondrong. Musiknya jrang jereng kagak jelas dan lagunya tidak ada satupun yang saya tahu kecuali lagu terakhir dari kelompok musik asal Inggris QUEEN yang berjudul Don’t Stop Me Now yang saya yakin sebagian besar pengunjung yang nota bene anak muda awal 20 tahunan tersebut tidak tahu lagu tadi.

Ada dua hal yang terilntas dalam benak saya yang mungkin mengarah pada dua kesimpulan yaitu :

1. Grup musik pembuka ini sepertinya bukan bertujuan menghibur pengunjung tetapi malah asik menghibur diri sendiri dengan memainkan lagu yang tidak dikenal dan easy listening terlepas dari aliran musik apa yang mereka anut.

2. Saya tiba tiba sadar bahwa beberapa bulan belakangan ini rutinitas saya pagi hari sambil menyelesaikan surat surat yang masuk ke meja adalah mendengarkan program musik INBOX di SCTV dan kemudian pukul 09.00 mengganti saluran ke program serupa yaitu Dhasyat di RCTI. Alhasil lagu lagu hits dan trend yang saya tahu semuanya lagu lagu Indonesia dan sama sekali tidak tahu lagu barat apa yang sekarang sedang menjadi hits serta duduk di tangga lagu Eropa dan Amerika.

Dari dua kesimpulan diatas tadi hal yang tiba tiba saya sadari dan mungkin sedikit menggembirakan yang dapat diartikan bahwa musik Indonesia mulai menjadi tuan rumah di negerinya sendiri, sungguh membanggakan bukan ? Dan layak kiranya kita acungkan jempol bagi para musisi kita yang sangat giat menelurkan karya karyanya dan didukung oleh stasiun televisi kita sendiri.

Lima belas menit lewat tengah malam Mulan Jameela muncul diatas panggung dengan bergaya ala penari kabaret di Bar Bar jaman cowboy di Amerika, ia menyanyikan hampir semua lagu hitsnya mulai dari Lagu Sedih hingga Wonder Women. Dan lagu favorit say adalah LAGU SEDIH…..terimakasih sudah menyanyikan lagu ini :

Bukannya aku takut kehilangan dirimu….
Tapi aku takut…….
kehilangan cintamu…….

Saking terkenalnya lagu Indonesia mungkin rekan rekan pernah mendengar beberapa waktu yang lalu adanya larangan dari Pemerintah Malaysia untuk memutra lagu lagu Indonesia di stasiun stasiun radio disana, kasian deh mereka…ha….ha…ha…… ( Nasionalisme Mode ON ). Sekali lagi saya ingin mengucapkan selamat bagi para pelaku industri musik Indonesia, teruslah berkarya dan benar benar dapat menjadi RAJA di negeri Sendiri.

AKU CINTA MUSIK INDONESIA !!!

About these ads

25/05/2009 - Posted by | Musik

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,695 other followers

%d bloggers like this: